Sabtu, 08 Oktober 2011

METODE RISET: ANALISIS JURNAL (TUGAS KE 2)


METODE RISET: ANALISIS JURNAL

Nama :       Ayu Mariyam Berlina
NPM :        14209648
Kelas :        3EA12



I.                  Analisis Jurnal
·         Tema
“ Transformasi Organisasi dan Perubahan Peran Fungsi Sumber Daya Manusia Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif yang Berkelanjutan ”

·         Penyusun
Vibriwati (Staf Pengajar FE Universitas Pembangunan Nasional )

·         Tahun Pembuatan
Juni, 2003

·         Latar Belakang
Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali. Globalisasi berhubungan dengan pasar baru, produk baru, cara berpikir baru, kompetensi baru dan cara berpikir yang baru mengenai bisnis.

·       Landasan Teori
Tantangan yang paling besar bagi perusahaan dalam menghadapi persaingan adalah bagaimana menciptakan organisasi yang dapat merespon perubahan dengan cepat dari pada pesaingnya baik perubahan yang dapat di prediksi maupun yang tidak dapat di prediksi.


·         Metode Penelitian
1. Organisasi Transformasi, Mengubah  Peran, Keunggulan Kompetitif yang Berkelanjutan.

·       Hasil dan Pembahasan
Organisasi tanpa batas memiliki karakteristik yang berbeda dengan organisasi tradisional yang lebih menekankan pada struktur dan kendali. Pertama, organisasi tanpa batas tidak terpaku pada struktur organisasi. Kedua, kinerja organisasi didasarkan pada KSA. Ketiga, pemanfaatan teknologi informasi yang tinggi. Keempat, waktu yang fleksibel.

·         Saran dan  Kesimpulan
1. Semangat untuk menjadi juara yang tertanam dalam diri setiap individu dalam organisasi memudahkan organisasi untuk menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

2. Organisasi harus membiasakan diri dengan perubahan yang tidak terencana. Oleh sebab itu fleksibel menjadi hal yang sangat penting. Sejalan dengan perkembangan konsep baru organisasi dengan sumber daya manusia maka menjalani proses perubahan merupakan konsekuensi bagi setiap perusahaan atau organisasi yang ingin mempunyai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
II.               Analisis Jurnal

·         Tema
“ Pengaruh Strukrur dan Kultur Organisasional Terhadap Keefektifan Anggaran Partisipasif  Dalam Peningkatan Kinerja Manajerial “

·               Penyusun
Dharma Tintri ( Universitas Gunadarma )

·         Tahun Pembuatan
February, 2002

·                Latar Belakang
Anggaran partisipatif merupakan pendekatan manajerial yang umumnya dinilai dapat meningkatkan keefektifan keorganisasional melalui peningkatan kinerja manajerial. Bukti empiris menunjukkan adanya ketidakjelasan pengaruh anggaran partisipatif terhadap peningkatan kinerja manajerial.

·       Landasan Teori
Partisipasi yang tinggi dalam penyusunan anggaran, struktur organisasional, faktor struktur organisasional akan meningkatkan kinerja manajerial dan mempengaruhi hubungan antara patrisipasi dengan kinerja manajerial.

·         Metode Penelitian
Struktir organisasi, Kultur organisasi, Anggaran dan Kinerja Manajerial.

·         Hasil dan Pembahasan
Hasil-hasil penelitian menunjukkan, bahwa partisipasi dalam penyusunan anggaran tidak mempunyai pengaruh secara langsung. Hasil penelitian ini mendukung ekspektasi penelitian, partisipasi yang tinggi dalam penyusunan anggaran akan mempunyai pengaruh yang positif terhadap kinerja manajerial.

·       Saran dan Kesimpulan
1.    Partisipan yang tinggi dalam penyusunan anggaran mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja manajerial pada kultur organisasional yang berorganisasi orang. Dan mempunyai pengaruh yang negative pada kultur organisasional yang berorientasi pada pekerjaan.
2.   Hasil penelitian ini memberikan bukti empiris mengenai pentingnya aspek ‘human relation’ dalam upaya peningkatan kinerja karyawan.







III.           Analisis Jurnal

·             Tema
“ Penentuan Jenis Komoditas Ekspor Indonesia ke China : Pemanfaatan Hubungan Perhubungan Indonesia-China “

·           Penyusun
Koesmawan ( Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ahmad Dahlan Jakarta )

·             Tahun Pembuatan
February, 2002


·           Latar Belakang
Perubahan kebijakan politik luar negri RRC dari system politik tirai bambu ke system politik yang lebih terbuka telah terbukti mendukung suksesnya negri yang berpenduduk terbesar di dunia ini dalam memasuki pasar dunia.

·         Landasan Teori
Masalah bahan bakar di tanah air yang terjadi tahun 2001, relatif sudah terselesaikan, dengan demikian pertumbuhan ekspor migas dengan RRC dapat dikembangkan lagi. Dengan catatan, bahwa volumenya tetap harus berada di bawah ekspor non migas.


·             Metode Penelitian
RRC, potensial, kebijakan, politik luar negri, pasar dunia.

·         Hasil dan Pembahasan
Komoditas yang mengalami kenaikan ekspor pesat perlu terus digalakkan dan bila mungkin dibantu. Bantuan bias berupa kredit ekspor dengan bunga yang layak.


·           Saran dan Kesimpulan
1.     Melihat keadaan perekonomian RRC yang terus berkembang dengan pesat, memberikan secercah harapan bagi peningkatan ekspor Indonesia ke RRC.
2.    Perkembangan situasi perdagangan antara Indonesia dengan RRC harus retus dicermati, sebab walaupun secar umum perkembangan bagi RRC mengalami kenaikan ternyata bagi Indonesia mengalami keturunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar